Rabu, 12 Maret 2014

Modif Minimalis Honda Verza150 Ala Touring

Kalo bicara masalah touring biasanya para bikers atau anak-anak club/komunitas motor biasanya demen banget nih (termasuk ane wkwkwk). Tapi kalo sering touring jangan lupa selalu cek kondisi kendaraan yang dibuat tour yak... jangan sampek nanti waktu touring tiba-tiba motor macet ditengah jalan. jangan lupa juga bawa jas hujan, jaket, helm, sarung tangan, maskeer & pakai sepatu biar safety di segala medan. Yaelah kok jadi ngomongin touring yak... maap pemirsa.
Langsung aja dech ane kasih tau modif minimalis ala pe-touring. kali ini ane posting nih motor ane gan, hehehe. cekidot :
1. tambahin stabilizer stang
Stabilizer stang letaknya di antara dua sisi stang. Berfungsi menurunkan frekuensi getaran pada stang sehingga bikers merasa menjadi lebih santai saat berkendara terutama saat melewati jalan yang berlubang & tidak rata. harga kisaran 18-35 ribu tergantung ketebalannya, tapi kalo punya ane tuh cuma 18 ribu gan, soalnya mau cari yang tebel kagak nemu waktu itu

2. Bracket Tempat Minuman
Yang ini ane juga pas dapet yang murah gan, cuma 7,5 ribu. Fungsinya ya buat tempat botol minuman gan, masak buat btotol jin wkwkwk kaboooor

3. selebor kolong

sebenernya sih nggak begitu penting, tapi banyak yang minat juga, jadi ane post juga hehehe. Verza sendiri sebenernya belum punya aksesoris ori untuk selebor kolong. Ada yang bilang selebor kolong punya kebo & jupi mx pnp ama verza. Tapi ane pilih punya kebo biar keliatan lebih maco gitu, selain itu ada rencana pake ban yang lebih lebar. kalo pake punya jupi mx kayaknya lebih cocok ban ukuran dibawah standart verza. by the way, harga untuk selebor kolong kebo juga murah gan cuma 28 ribu, tapi harus pesan dulu dan inden selama seminggu lebih di dealer Yamaha. Fungsinya untuk menahan kotoran dari ban agar tidak masuk ke dalam rangka verza

4. Box


Beberapa bikers kurang berminat dengan box dan menggantinya dengan side bag atau tank bag. Tapi kalo dilihat dari harga & kebutuhannya menurut ane lebih baik box, karena meskipun harganya agak mahal tapi box isinya lebih banyak & lebih banyak kegunaannya. beberapa keunggulan box adalah bisa dibuat tempat bersandar boncenger (top box), volume barang bawaan lebih banyak & tidak mengganggu saat berkendara (dibanding tankbag). harga box juga variatif kisaran 450 ribu sampai 6 juta tergantung ukuran  dan merk. kalo punya ane sih merk SHAD SH45 harga barunya 1.050.000 tapi ane beli bekas jadi cuma kena 755 ribu doang hehehehe

5. Raiser

Fungsinya untuk membuat posisi stang jadi lebih tinggi. Ada 2 macam raiser, yaitu raiser tegak & raiser mundur. kalo ane itu pake raiser mundur gan, jadi posisi stangnya jadi lebih tinggi & lebih mundur secara postur tubuh ane nggak terlalu tinggi. Untuk harga raiser di daerah ane 35 ribu aja sob

6. Klakson


Tau sndiri kan, klakson verza kagak ada garangnya sama sekali. Untuk klakson kebanyakan bikers memilih antara jenis keong & disc. Kalo ane sih pilih klakson keong gan, soalnya denger-denger kalo klakson disc lebih nyedot ke accu

7. Lampu Hazard

Ini nih lampu yang masih aga jarang dipake, padahal lampu ini penting juga lho. Lampu hazard yaitu lampu sein hidup secara bersamaan, fungsinya untuk memberikan tanda saat berhenti di pinggir jalan atau atret, memberitahukan biker lain kalau ikut dalam suatu rombongan touring/konvoi dll

gimana pendapat agan & sista semua nih ?
soal modal sih nggak terlalu banyak sob, kalo dikalkulasi sih ane modif kaya gitu nggak sampai di angka 1 juta tuh, malah kurang dari 900 ribu

3 komentar: